RPP - Menerapkan K3LH - TKJ.X
Hai #Sobat_d3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisi pengaturan yang berkenaan dengan perkiraan atau proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, kemungkinan pelaksaan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah direncanakan ataupun tidak karena proses pembelajaran bersifat situasional, apabila perencanaan disusun secara matang maka proses dan hasil pembelajaran tidak akan jauh dari perkiraan. (Wikipedia)
CONTOH RPP SMK TKJ-X
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK Negeri 1 Majene
Mata Pelajaran :
Komputer dan Jaringan Dasar
Kelas/Semester : X / Ganjil
AlokasiWaktu :
Materi Pokok / Sub Materi : Menerapkan K3LH
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
mendeskripsikan, menginterpretasi, menganalisis serta mampu menerapkan K3LH disesuaikan dengan lingkungan kerja.
B. Media dan Sumber Belajar
·
Media : Youtube, E-learning SMK Negeri 1 Majene,
Whatsapp Group.
·
Sumber Belajar : Buku
Paket Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X, dan Internet
.
C.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan |
Guru mengucap salam, mengecek kehadiran
peserta didik, memberi motivasi, menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran
Menerapkan K3LH disesuaikan dengan lingkungan kerja, cakupan materi, langkah pembelajaran dan
teknik penilaian. |
Kegiatan
Inti |
1. Siswa diberi motivasi dan panduan untuk
melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan
dalam bentuk power point terkait materi
Menerapkan K3LH disesuaikan dengan lingkungan kerja melalui E-learning https://smkn1majene.moodlenesia.com/. |
2. Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi beberapa hal yang belum dipahami pada materi Menerapkan K3LH disesuaikan dengan lingkungan kerja, dengan memberikan pertanyaan berkaitan
fakta sampai dengan pertanyaan yang bersifat membimbing. |
3. Siswa dapat berperan aktif di E-learning SMK Negeri 1 Majene,
baik bertanya atau pun menanggapi pertanyaan dari guru maupun dari siswa
lainnya. |
4. Selama kegiatan berlangsung, Guru melakukan
penilaian sikap disiplin, teliti, aktif, jujur, dan tanggung jawab. |
Kegiatan
Penutup |
1.
Guru membimbing
siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah dibahas sebelumnya pada E-learning SMK Negeri 1 Majene. |
2.
Siswa membuat
rangkuman terkait materi pembelajaran yang sudah dilaksanakan. |
3.
Guru memberikan
penguatan terhadap materi yang sudah dipelajari dengan memberikan penugasan
atau soal tes tertulis serta guru menyampaikan rencana pembelajaran
selanjutnya serta diakhiri salampenutup. |
D. Penilaian
1)
Penilaian Sikap : Observasi
selama kegiatan berlangsung
2)
Penilaian Pengetahuan : Tes tulis (pilihan
ganda atau uraian), tes lisan, diskusi dan tanya jawab, serta penugasan
3)
Penilaian Keterampilan : Penilaian unjuk
kerja dan portofolio
Mengesahkan, Kepala SMK Negeri 1 Majene, Dra. Ratnawati,
M.M NIP. |
Majene, 15 Juli 2021 Guru Mata Pelajaran Muh. Asri Ivho NIP. |
Post a Comment for "RPP - Menerapkan K3LH - TKJ.X"
Terima Kasih telah meluangkan waktunya di blog ini